Penyakit jantung merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah dan penyempitan menyebabkan serangan jantung, stroke dan nyeri dada. Penyakit jantung dikategorikan sebagai masalah irama jantung yang tidak teratur, cacat jantung bawaan, penyakit pada pembuluh darah dan kondisi jantung seperti otot jantung maupun katup jantung maka segera kunjungi rumah sakit terdekat. Penyakit jantung koroner tersembunyi ini berbeda antara pria dan wanita. Wanita memiliki penyakit jantung yang tidak memiliki tanda dan biasanya tidak terdiagnosis. Angina merupakan gejala yang memberikan rasa tidak nyaman ketika otot jantung sehingga tidak tercukupi suplay darah dan kaya oksigen.

 

Komplikasi jantung mengalami gagal jantung dimana jantung tidak mampu memompa darah sebagai kebutuhan terhadap tubuh, termasuk cacat jantung, penyakit katup jantung dan infeksi jantung. Serangan jantung dimana membekunya darah sehingga menghalangi darah di pembuluh darah ketika menyuplai jantung dan kondisi ini akan menghancurkan otot jantung. Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan stroke iskemik sehingga darah mengalami penyumbatan dan penyempitan, kondisi ini dikarenakan otak mulai mati dalam beberapa menit. Aneurisma merupakan keadaan tubuh yang menyebabkan tonjolan dinding dan mengalami kebocoran yang mengalami perdarahan internal yang mengancam jiwa penderitanya.

 

Berikut adalah penyebab dari serangan jantung diantaranya:

 

  • Psoriasis merupakan penyakit autoimun penyebab radang kulit secara kronis dengan bentuk bercak merah kulit kering seperti sisik keperakan, dapat meningkatkan 2 hingga 3 kali lipat untuk penyakit jantung, memiliki cenderung terhadap obesitas, diabetes dan kolesterol tinggi yang membahayakan jantung.
  • Menghirup polusi udara yang menyebabkan gangguan kesehatan dan memperburuk kondisi gula darah dan kolesterol, polusi akan mengurangi kolesterol HDL dalam paparan singkat hal ini dirasakan oleh pasien dalam pada orang lanjut usia.
  • NSAID merupakan gejala dari pereda nyeri untuk keseleo, sakit kepala, peradangan dan demam hingga nyeri kram menstruasi, penyebab ini belum diketahui secara jelas dan meningkatkan resiko perdarahan yang menyebabkan penggumpalan darah dan meningkatkan tekanan darah.

 

Selain itu, nyeri bahu memberikan resiko terhadap serangan jantung dan enam kali lebih beresiko dan menyebabkan pembengkakan tendon di bagian otot rotator cuff pada bagian tulang lengan. Sesuai dengan penelitian 36 peserta dengan faktor diabetes, kolesterol tinggi dan hipertensi yang memberikan rasa nyeri sendi dibandingkan dengan orang beresiko. Suara keras juga akan memperburuk kondisi kesehatan jantung dan gangguan kesehatan lainnya seperti kadar gula tinggi, hipertensi dan irama jantung yang tidak beraturan. Kebisingan akan memberikan lonjakan hormon stres sehingga memberikan tekanan darah ketika tidur.

 

Berikut adalah aturan diet untuk penderita jantung diantaranya:

 

  • Energi dibutuhkan dari karbohidrat sebanyak 55% hingga 65% dari seluruh kalori terkecuali dari tape singkong, tape katan, ubi dan singkong.
  • Pemenuhan protein kebutuhan 0,8 gram per kg berat badan yang diperoleh dari daging sapi tanpa adanya gajih, ayam tanpa adanya kulit dan telur tanpa menggunakan kuning telur.
  • Lemak dapat dikonsumsi namun dengan lemak jenuh 10% hingga 15% dari lemak tidak jenuh dan menghindari kerang, susu cream dan jeroan.

 

Selain itu untuk diet dapat mengonsumsi makanan yang kaya mineral dan vitamin. Sebaiknya menghindari buah dengan kandungan gas seperti nangka dan durian dan sayuran gas seperti kol, lobak, sawi yang menyebabkan pasiennya menjadi sesak napas. Lebih baik batasi mengonsumsi garam karena menyebabkan tekanan darah tinggi dan untuk mengatur diet ini maka dapat mengunjungi rumah sakit terdekat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *