Banyak anak dan keluarga saat ini memiliki jadwal sibuk. Ini membuatnya sulit untuk duduk dengan makanan buatan sendiri setiap hari. Banyak diet anak-anak melibatkan banyak kenyamanan dan makanan takeout. Tetapi makanan ini bisa tidak sehat. Makanan tersebut dapat memiliki efek negatif pada kesehatan anak kalian. Beberapa masalah penyebab makan yang tidak sehat dapat berlanjut hingga dewasa. Mereka bahkan dapat berkembang menjadi penyakit seumur hidup.

Makan sehat memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Bisa:

  • Stabilkan energi mereka.
  • Tingkatkan pikiran mereka.
  • Mengontrol suasana hati mereka.
  • Bantu mereka menjaga berat badan yang sehat.
  • Membantu mencegah kondisi kesehatan mental. Ini termasuk depresi, kecemasan, dan ADHD.

Selain itu, memiliki pola makan yang sehat dan fokus pada nutrisi adalah beberapa cara paling sederhana dan paling penting untuk mencegah timbulnya penyakit. Makan sehat dapat membantu mencegah banyak penyakit kronis. Ini termasuk obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2. Sekitar setengah dari semua orang di dunia memiliki satu atau lebih dari penyakit ini. Kebiasaan makan yang sehat lebih mungkin menjadi kebiasaan jika kita memulainya dari kecil. Itulah mengapa penting bagi kalian sebagai orang tua untuk mengajarkan kebiasaan baik kepada anak-anak kalian sekarang. Ini akan membantu mereka tetap dengan pola makan ini. Ini akan membantu mereka menghindari penyakit kronis seperti yang tercantum di atas, sebagai anak atau sebagai orang dewasa.

Jalan menuju peningkatan kesehatan

Ada banyak cara kalian dapat mengajar dan mendukung anak-anak kalian makan sehat yang memenuhi nutrisi anak. Hal tersebut termasuk:

  1. Mulailah dengan sarapan

Makan sarapan seimbang dengan protein adalah cara terbaik bagi anak kalian untuk memulai hari mereka. Protein dapat membantu mereka tetap kenyang lebih lama. Bahkan bisa membantu remaja menurunkan berat badan. Pagi bisa sangat sibuk. Cobalah salah satu dari ini untuk sarapan sehat, sambil jalan:

  • Sandwich telur dengan roti gandum.
  • Yogurt plan.
  • Selai kacang pada roti gandum.
  • Telur rebus, roti bakar, dan sebuah apel.
  1. Jadikan waktu makan sebagai prioritas

Duduk di meja sebagai keluarga adalah bagian penting dari membangun kebiasaan makan sehat. Tapi itu lebih dari sekadar makan bersama. Waktu makan juga merupakan kesempatan untuk:

  • Berikan kenyamanan anak-anak kalian. Anak-anak berkembang dengan rutin. Mengetahui mereka makan malam atau makan bersama keluarga secara teratur membantu mereka merasa aman.
  • Bicaralah dengan anak-anak kalian. Tunjukkan minat pada apa yang terjadi dalam hidup mereka. Beri tahu mereka apa yang terjadi di hati kalian. Bangun koneksi yang lebih kuat di antara anggota keluarga kalian.
  • Pantau kebiasaan makan mereka. Anak-anak yang lebih tua dan remaja menghabiskan lebih banyak waktu untuk makan di sekolah atau di rumah teman. Gunakan waktu ini untuk menonton apa dan bagaimana mereka makan. Lihat apakah ada yang bisa kalian lakukan untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik.
  • Berikan contoh untuk anak kalian. Jika kaian menyiapkan dan makan sendiri makanan sehat, anak kalian juga akan makan lebih sehat. Hindari penghitungan kalori yang obsesif. Jangan bicara negatif tentang diri kalian. Anak kalian bisa mengambil sikap yang sama. Ini bisa membuatnya mengembangkan masalah citra tubuh atau hubungan negatif dengan makanan.
  1. Libatkan anak-anak

Minta anak-anak kalian membantu Kalian berbelanja bahan makanan dan memilih makanan untuk dimakan. Ajari mereka cara membaca label makanan sehingga mereka tahu nutrisi dalam makanan yang mereka pilih. Mereka juga dapat membantu memperbaiki makanan dan mengambil porsi dalam apa yang mereka makan. Cara lain yang menyenangkan untuk melibatkan anak kalian adalah menanam di kebun. Menanam beberapa buah, sayuran, dan herbal favorit kalian dapat mengajarkan pelajaran berharga kepada anak-anak. Menanam, memelihara, dan memanen makanan kalian sendiri sangat memuaskan. Ini bisa menjadi pengalaman yang memuaskan bagi anak-anak dan orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *