Semua Perusahaan pasti menginginkan mempunyai pengelolaan yang baik dan benar, agar perusahaan itu sendiri dapat maju dan menjadi perusahaan yang bonafit, serta dapat menarik hati para pemegang saham, agar dapat berinvestasi yang banyak, namun salah satu agar perusahaan dapat berkembang Perushaan harus dapat berkomitmen penuh untuk melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik dalam seluruh aspek pengelolaan Perushaan. Perushaan dapat menerapkan prinsip GCG di semua aspek pengelolaan usaha. prinsip prinsip GCG tersebut yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, serta kewajaran dan kesetaraan.

 

Transparansi

Dalam menjaga obyektivitas saat menjalankan bisnis, Perushaan harus menyediakan informasi yang material dan relevan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh para pemegang saham dan inveestasi. Perushaan mengambil inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya masalah yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan, tetapi juga hal yang penting untuk pengambilan keputusan oleh Pemegang Saham, kreditur dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Akuntabilitas

Perushaan harus dapat mempertanggung jawabkan kinerjanya secara transparan dan wajar. Oleh karena itu, Perushaan harus dikelola secara benar, terukur dan sesuai dengan kepentingan Perushaan dengan tetap memperhatikan kepentingan Pemegang Saham dan pemangku kepentingan lain.

 

Responsibilitas

Perseroan melaksanakan kegiatan bisnis secara bertanggung jawab dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang.

 

Independensi

Perseroan dikelola secara independen sehingga masing-masing Organ Perseroan tidak saling mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

 

Kewajaran dan Kesetaraan

Dalam melaksanakan kegiatannya, Perseroan senantiasa memperhatikan kepentingan Pemegang Saham dan pemangku kepentingan lainnya berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan.

 

Melalui penerapan GCG tersebut, Perseroan akan mampu meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan, memperkuat reputasi Perseroan, serta meningkatkan nilai Pemegang Saham dengan tetap memperhatikan pemenuhan kewajiban terhadap pemangku kepentingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *