Barang apa yang terkesan sepele tapi ternyata sangat susah perawatannya? Sepatu? Tas? Wah, salah semua. Yang benar adalah parfum! Ya, salah satu jenis wewangian ini sebenarnya sangat rapuh, lho. Kandungannya yang terdiri dari minyak esensial, bibit pewangi, dan juga alkohol serta kadang ada pula campuran airnya, akan mudah rusak jika berada dalam kondisi yang tidak tepat. Maka dari itu, kalau Anda adalah kolektor parfum, perlu tahu hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menyimpan parfum seperti ini:

Jangan letakkan dekat dengan sumber panas

Merupakan ide yang sangat buruk meletakkan parfum di dekat kompor, oven, setrikaan, atau benda apapun yang bisa mengeluarkan panas. Hal ini dikarenakan berbagai kandungan yang ada di dalam parfum bisa rusak saat terkena panas dalam suhu tinggi. Tempat yang paling aman untuk menyimpan parfum adalah tempat yang sejuk dan dingin.

Jangan membiarkan parfum dalam kondisi terbuka

Kandungan di dalam parfum bisa menguap, meski berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Tapi kalau Anda punya kebiasaan membiarkan botol parfum dalam keadaan terbuka, maka jangan heran jika suatu saat Anda menyadari jika parfum lebih cepat habis dari biasanya. Lebih baik cari parfum yang memiliki botol dengan sistem semprot dan tidak bisa dibuka tutupnya.

Jangan mengocok parfum

Anda mungkin berpikiran jika ada endapan yang akan terkumpul di bawah botol parfum saat dibiarkan di posisi tertentu dalam waktu lama. Jadi saat akan memakainya, Anda mengocok botolnya terlebih dahulu. Ini adalah kebiasaan yang sangat keliru karena isi parfum sudah diciptakan untuk selalu tercampur tanpa perlu dikocok. Mengocoknya hanya akan membuat isinya lebih mudah menguap atau tumpah.

Jangan menggunakan aplikator

Meski sebagian besar parfum menggunakan sistem semprot, tapi ada juga yang memakai aplikator berbentu seperti pipet kecil. Untuk menggunakannya, Anda mengambil parfum dengan aplikator tersebut kemudian meneteskannya atau mengoleskannya ke kulit. Padahal, di kulit ada bakteri, minyak, atau keringat yang tak terlihat dan bisa mencemari parfum yang berada di dalam botol saat aplikatornya dikembalikan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan, cara menjaga parfum tahan lama? Pastikan mengingat larangan tersebut dan tidak melakukannya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *