Jawa Barat terkenal dengan panorama alamnya yang cukup indah, seni dan budayanya, kulinernya, bangunan bersejarah, dan lain sebagainya. Di Jawa Barat, ada daerah-daerah yang terkenal dengan tempat wisata religinya. Tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang untuk berziarah dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan sampai luar Jawa Barat.

Berikut 3 tempat wisata religi di Jawa Barat :

  1. Pura Parahyangan Agung Jagatkartyya Taman Sari Gunung Salak

Tempat ini merupakan salah satu Pura yang terbesar di Jawa Barat. Pura Parahyangan Agung Jagatkartyya Taman Sari Gunung Salak didirikan pada sekitar tahun 1995, dengan menghabiskan biaya sekitar Rp. 15 milyar. Dan membutuhkan waktu 5 tahun untuk membangun Pura ini. Lokasi Pura ini berada di Desa Taman Sari, Siopus, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

  1. Masjid Raya Bandung

Masjid yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Agung Bandung ini merupakan salah satu masjid raya terbesar di Jawa Barat. Masjid Raya Bandung didirikan pada tahun 1810, dan hingga sekarang sudah mengalami sekitar 8 kali renovasi ketika pada abad ke 19. Kemudian setelah itu 5 kali renovasi pada abad 20. Masjid Raya Bandung ini diresmikan oleh gubernur Jawa Barat H.R. Nuriana.

  1. Makan Raden Saleh

Makam Raden Saleh berada di sisi Jalan Pahlawan, Desa Bondongan, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor. Padagerbang depan lahan terdapat 2 makam, yaitu makam istrinya, Raden Ayu Danurejo. Kedua makam sejajar dengan latar dinding peringatan Makam Raden Saleh yang dibangun pada 17 September 1953.

Itulah 3 tempat wisata religi yang ada di Jawa Barat. Semoga Ada Manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *